POKOK BERITA

Tuesday, 19 September 2017 17:06 wib
BNPT Gandeng MNC Media Dalam Sosialisasikan Cegah Terorisme

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mendatangi kantor MNC Media di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Adapun kedatangan BNPT kali ini merupakan kunjungan visitor media terbesar di Asia Tenggara ini.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DKI Jakarta, Zaenal Musappa menerangkan, saat ini pihaknya terus menerus mengantisipasi terjadinya bencana teroris yang kerap kali menghantui Jakarta.

"BNPT kan hanya mengantisipasi. Dan yang menindak itu bisa dari Densus 88, nah dari situ kami juga sangat perlu peran media dalam membantu mensosialisasikan melalu penayangan berita mau program-program kami," ungkap dia di Gedung MNC News Center, Selasa (19/9/2017).

Menurut dia, saat ini pihaknya juga bekerjasama dengan Dewan Pers selaku pengawas media di Indonesia. Dengan demikian Zaenal mengaku bekerjasama dengan media seperti MNC Media maka apa yang di sosialisasikan BNPT dapat diketahui dengan masyarakat luas.

"Kami yakin MNC bisa menjadi partner yang baik, karena MNC memiliki jaringan yang luar biasa," ungkapnya.

Disamping itu, Direktur Pemberitaan di Media Nusantara Citra (MNC Group), Arya Mahendra Sinulingga mengapresiasi langkah BNPT dalam meminta MNC Media untuk membantu mensosialisasikan ke masyarakat luas.

"Ini kita anggap mereka kan akan sosialisasi, ada sisi lain dari terorisme yang membuat dampak terhadap korban yang sering dilupakan karena kebanyakan dari media menayangkan pelaku dan juga penangkapan," ungkap dia.

Dengan demikian Arya mengaku akan mendorong langkah BNPT untuk mengurangi minat dari pelaku melakukan aksi terorisme.

"Tadi mereka telah sampaikan juga bagaimana mengurangi atau menurunkan kadar sehingga pelaku teroris itu semakin kecil dan sedikit. Apalagi Jakarta kan korbannya selalu. Nah tadi kita sepakat akan saling bantu. Kita akan coba bantu untuk sosialisasi bahwa masalah teroris itu bukan masalah agama tapi masalah kejahatan kemanusiaan," jelas dia.

Menurut Arya, korban terorisme itu tidak pernah dituju pada siapa, agama apa dan juga jabatan apa. Dengan demikian Arya menegaskan dalam hal ini MNC Media akan membantu BNPT dalam menanggulanginya.

"Ini akan kita tunjukan bahwa akibat dari terorisme itu berdampak bagi banyak orang dan setiap orang itu bisa berdampak menjadi korban. Nanti kita coba untuk membuat program yang diminta untuk menyadarkan masyarakat," bebernya.

Selain itu, Ketua Dewan Pers RI Yosep Adi Prasetyo yang juga turut hadir dalam media visit ini menerangkan, dalam mencegah aksi terorisme ini bukan hanya perlu dilakukan aparat penegak hukum tetapi harus melibatkan banyak pihak termaksud media.

"Bahwa pencegahan teroris bukan hanya urusan polisi dan lainnya. Tapi urusan kita semua. 2017 ini Dewan Pers bekerjasama dengan BNPT untuk mendampingi sosialisasi," ungkap dia.

Dengan demikian, ia mengapresiasi langkah MNC Media dengan bekerjasama untuk membantu BNPT dalam mencegah aksi terorisme di negara ini.

"Kita tau MNC merupakan satu grup media yang besar yang punya multi flat form. Karena itu MNC ini dipilih oleh BNPT untuk bisa di kunjungi. Media harus bisa mengajak masyarakat dalam mengungkap besarnya bahaya terorisme dan juga mengingatkan pemerintah dalam kesenjangan sosial yang bisa berdampak aksi terorisme," tutup Yosep.