POKOK BERITA

Monday, 05 March 2018 10:40 wib
MNC Media dan Puspomad Gelar Pelatihan Jurnalistik

JAKARTA - MNC Media berkerja sama dengan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) menggelar literasi media untuk memberikan pelatihan secara bertahap. Harapannya, bisa mengefektifkan pelaksanaan tugas pokok satuan Pomad, khususnya di bidang penerangan.

Direktur Legal Network iNews, Wijaya Kusuma Subroto mewakili MNC Grup, mengatakan, kegiatan  kerja sama pelatihan jurnalistik dasar ini bertujuan memberikan teknik penyiaran seputar dunia media kepada Puspomad. Menurutnya, kegiatan ini penting bagi Puspomad dalam menangkal berita hoax yang tersebar di masyarakat.

"Terus yang kedua bagaimana membuat tayangan yang baik kemudian sudut pandang memilih narasumber yang baik dan seterusnya," ujar Wijaya di Aula Gatot Subrota Mapuspomad pada Senin (5/3/2018).

Dia berharap dengan mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik dasar ini, Puspomad bisa mendapatkan ilmu terkini seputar teknik penyiaran. "Pada hari terakhir kita akan mengundang mereka untuk hadir di MNC Group, untuk melihat secara langsung teknik penyiaran di studio di MNC Group," ucapnya.

Sementara itu Komandan Puspomad, Mayjen TNI Rudi Yulinto menuturkan, pengetahuan jurnalistik sangat diperlukan dalam kegiatan di semua satuan. Terutama, peran kamerawan dan fotografer dalam menghimpun dokumentasi masing- masing kegiatan di bidang fungsi penerangan perlu ditingkatkan.

"Baik berupa tulisan gambar, maupun audiovisual untuk bahan laporan investigasi maupun publikasi. Saat ini kualitas yang dihasilkan di satuan Pomad, baik yang berupa gambar, video mauoun penulisan masih perlu ditingkatkan," ucap Rudi

Dia menambahkan, pelatihan ini diselenggarakan sesuai perubahan validasi Orgas Puspomad, Peraturan KSAD Nomor 15 tahun 2016 tentang Organisasi Puspmad di antaranya penambahan jabatan baru pada eselon pelayanan, yaitu Penerangan Puspomad.

"Diharapkan para peserta mampu melaksanakan pengamanan dokumentasi serta mampu membuat penulisan pelaporan yang akurat," katanya.

 

Sumber: www.inews.id