Overview

Didirikan pada tahun 1989, MNC Group telah berkembang menjadi grup bisnis terkemuka di Indonesia.

Di bawah kepemimpinan pendiri dan Executive Chairman, Hary Tanoesoedibjo, MNC Group memiliki 3 investasi strategis: media, jasa keuangan, dan lifestyle property. Media Nusantara Citra atau MNC, salah satu bagian dari bisnis media di dalam MNC Group memiliki 4 stasiun TV free to air atau FTA yang beroperasi, yakni RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews dengan layanan streaming OTT dengan pertumbuhan tercepat bernama RCTI +.

Dari segi konten, MNC memproduksi 23.000 jam setahun untuk memenuhi kebutuhan FTA, pihak ketiga, bioskop dan platform digital dengan lebih dari 300.000 jam pustaka konten. MNC Group memiliki manajemen artis terbesar dengan hampir 400 artis di bawah manajemennya.

MNC dimulai pada tahun 2001 ketika MNC mengakuisisi RCTI. Beberapa tahun kemudian, grup mengakuisisi GTV, MNC TV dan memulai produksi kebutuhan kontennya sendiri. Kemudian melakukan go public pada tahun 2007 dengan kode saham: MNCN. IPO MNC menjadi yang terbesar saat itu di Indonesia.

Pasca IPO, iNews didirikan dan hari ini 4 FTA tersebut - RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews memiliki pangsa pemirsa nasional terbesar, yaitu lebih dari 40% dan belanja iklan sebesar 45%. MNC telah menginvestasikan sumber daya yang signifikan dalam fasilitas siaran dan produksi yang memungkinkan perusahaan untuk menghasilkan program berkualitas tinggi seperti seri drama, pencarian bakat seperti Indonesian Idol, The Voice, MasterChef, Rising Star dan konser musik besar, serta program pemberian penghargaan seperti TV Awards dan Penghargaan Film, disamping menghasilkan animasi berkualitas tinggi yang diekspor secara global.

Dalam 3 tahun terakhir, MNC memperluas inisiatif digitalnya dengan mengembangkan aplikasi mobile untuk FTA-nya dan mulai mengunggah kontennya di YouTube dalam format pendek dan menengah. Saat ini jumlah view di YouTube telah mencapai 2 miliar setiap bulan, terbesar di Indonesia dan salah satu terbesar di dunia dengan jumlah pelanggan lebih dari 61 juta. MNC juga mengoperasikan Multi Channel Network atau MCN, yang memiliki jumlah pemirsa dan pelanggan yang tumbuh paling cepat di Indonesia.

Untuk mendapatkan bagian yang signifikan dalam iklan digital, RCTI+ ditargetkan menjadi layanan streaming terbesar di tahun 2020 untuk melengkapi posisi FTA yang sudah kuat. Selain live streaming dari 4 FTA, RCTI+ juga menyediakan ribuan pustaka konten terkenal, fitur catch up TV, konten original seperti bloopers, behind the scene, trending topik dan fitur interaktif lainnya seperti kuis, voting, live chat dengan talent MNC, audisi, dan banyak lagi.

MNC juga mengoperasikan 3 portal yang berfokus pada portal berita yang bernama Okezone, Sindonews dan iNews.id. Okezone saat ini memiliki pengunjung harian terbesar lebih dari 20 juta, sedangkan Sindonews lebih dari 4 juta.

Diperkirakan pada tahun 2024, pendapatan digital dan konten akan memberikan kontribusi sebesar 50% dari pendapatan perusahaan.

MNC, Beyond the Largest FTA and Content.  

Video Profile (Updated January 2020) :