NEWS HIGHLIGHT

Wednesday, 06 February 2019 16:34 wib
MNC Peduli Gelar Pelatihan Trauma Healing untuk Relawan di Banten

JAKARTA, iNews.id – Bencana tsunami Selat Sunda menerjang kawasan pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten, dan Lampung Selatan pada 2018 lalu. Ratusan orang meninggal dan ribuan mengungsi.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (25/12/18), Pandeglang menjadi wilayah terparah. Sebanyak 290 orang meninggal dunia dan sedikitnya 1.143 terluka. Banyak warga kehilangan anggota keluarga, materi, maupun ganguan psikologis, khususnya anak-anak yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung akibat bencana tsunami tersebut.

Melihat hal tersebut, MNC Peduli berinisiatif menyelenggarakan pelatihan untuk instruktur atau training of trainer (ToT) Trauma Healing di Jakarta pada 29–31 Januari 2019. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pelatihan trauma healing untuk relawan lokal di Pandeglang pada Minggu (3/2/2019).

Pelatihan di Pandeglang ini diisi dengan pemberian materi gangguan stress pasca-trauma untuk anak-anak di kelompok usia 6-11 tahun. Diharapkan dari pelatihan ini para relawan lokal bisa menebar pemahaman dan kepercayaan kepada anak-anak terdampak bencana untuk bangkit kembali.

MNC Peduli mengundang peserta dari berbagai lembaga swadaya masyarakat dan instansi pemerintah terkait dengan jumlah maksimal peserta pelatihan 50 orang yang terdiri atas 15 orang perwakilan lembaga swadaya lokal dan 35 orang guru dari berbagai sekolah yang terdampak.

Relawan dilatih cara melakukan tindakan psikologis dengan menghibur anak-anak yang terkena dampak bencana agar pulih dari stres dan trauma sehingga nantinya para peserta bisa memberikan bantuan psikologis kepada anak-anak yang terkena bencana di seluruh Indonesia.
Ketua III MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, melalui pelatihan trauma healing, MNC Peduli ingin membantu masyarakat dengan bergerak untuk pemulihan anak-anak korban bencana alam.

“Dampak tsunami bukan hanya materi, tetapi psikologis terutama anak-anak. MNC Peduli mengadakan pelatihan trauma healing bagi para relawan untuk bisa mengatasi hal tersebut supaya anak-anak bisa melangsungkan aktivitas mereka seperti semula,” kata Jessica di Pandeglang, Minggu (3/2/2018).

Kegiatan ini juga disambut baik oleh organisasi Laz Harfa yang turut mendukung MNC Peduli untuk menyalurkan pertolongan pertama psikis pada trauma. Menurut Direktur Laz Harfa, Indah Prihanande, tindakan ini sangat tepat dengan kebutuhan anak-anak setempat.

“Ketika bencana terjadi, hal mendasar yang trauma adalah anak-anak dan ketika MNC Peduli meminta kami support acara ini, kami mendukung MNC Peduli,” tutur Indah.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN Teluk 3 Banten Tuti Karwati mengungkapkan, kondisi anak-anak yang menjadi korban tsunami memang membutuhkan metode tersebut. Pelatihan ini diharapkan dapat segera memulihkan kondisi mental anak-anak korban bencana.

Setelah menyelenggarakan pelatihan trauma healing bagi para relawan, MNC Peduli berencana menggelar trauma healing camp bagi anak-anak korban bencana tsunami Selat Sunda di Pandeglang pada 4-8 Februari 2019.

 

Sumber : www.inews.id