POKOK BERITA

Monday, 19 August 2019 22:00 wib
Pendapatan dari Transformasi Digital Tumbuh Berlipat, MNC Segera Luncurkan 3 OTT

JAKARTA, iNews.id - MNC Group segera meluncurkan tiga layanan over the top (OTT) guna memperkuat transformasi digital yang menunjukkan pertumbuhan pendapatan berlipat.

Pertama, RCTI Plus. Layanan OTT ini akan menyiarkan secara streaming, konten-konten terkait siaran Free Trade Air (FTA) MNC Media meliputi RCTI, GTV, MNCTV dan iNews TV. Tidak hanya itu, pemirsa juga akan disuguhi konten-konten yang berhubungan dengan FTA, seperti bloopers, behind the scene, kuis, dan audisi.

Kedua, OTT untuk Pay TV, sehingga pelanggan MNC Vision, MNC Play, K-Vision bisa menonton melalui streaming di mana saja kapan saja, sesuai dengan channel yang disukai. Ketiga, independent OTT. OTT ini akan joint venture dengan anak usaha Baidu.

"Ini akan jadi the biggest OTT untuk konten Asia," kata Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat Analyst Meeting di MNC Financial Center, Senin (19/8/2019).

HT memaparkan Asia mendominasi 60 persen dari populasi dunia, dan pertumbuhan penduduk Asia adalah yang tercepat. Perkembangan digital MNC begitu cepat. Saat ini, portal Okezone.com telah menempati nomor satu dari seluruh situs di Indonesia. Tidak hanya melampaui situs-situs berita, Okezone bahkan melampaui kunjungan masyarakat ke Google.

Pengunjung Okezone saat ini mencapai 18 juta per hari. Pendapatan Okezone juga telah meningkat dua kali lipat year on year.

Ke depan, pendapatan digital diperkirakan terus meningkat. Sebagai gambaran pada kuartal I 2019, pendapatan dari digital sudah berkontribusi hampir 9 persen dari total advertising revenue.

Iklan digital pada paruh pertama 2019 naik hingga 318 persen menjadi Rp325,2 miliar dibandingkan dengan periode yang sama 2018, yaitu Rp77,6 miliar.

Di era digital ini, ada berbagai inisiatif digital yang dilakukan untuk mendorong kinerja perseroan kian melesat. Pertama, ada digital broadcast, di mana pemirsa bisa berinteraksi melalui gadget dengan tayangan di televisi, baik vote, comment, dan lain sebagainya.

Kedua, di media sosial. Di YouTube, seluruh tayangan MNC yang di-upload sudah mendapatkan 13,7 miliar views, dengan jumlah subscriber 37,5 juta, dan merupakan yang terbesar di Indonesia.

Tidak itu saja, MNC telah mendapatkan lisensi multi channel network dari YouTube, artinya sudah bisa menjadi agen dari content creator. Terdekat, RCTI Plus diyakini akan menjadi kontributor baru dan memberikan lompatan pendapatan yang sangat besar untuk MNC Group.

Dengan audience share 40 persen atau berkisar 100 juta pemirsa TV yang selama ini menjadi penonton setia empat TV MNC Group, maka basis itu bisa menjadi potential visitor dari OTT ini.

 

Sumber : www.inews.id